ASAL USUL KOMODO

1 comment



Inilah cerita tentang asal-usul komodo.
Juli, 2015, saya berpetualang ke beberapa tempat bersama adik saya Yani Jehamat. Kami mengunjungi desa Rentung dan juga desa Lale- Lembor.
Di desa Rentung, kami melihat secara langsung keunikan bentuk sawah orang Manggarai yang menyerupai sarang laba-laba.
setelah puas menikmati keunikan desa ini, kami melanjutkan petualangan kami ke desa Lale-Lembor.

Suatu malam di desa Lale-Lembor, kami disuguhi aneka cerita tentang Manggarai mulai dari tempat-tempat wisata hingga ritual adat. Cerita yang paling menarik adalah cerita tentang asal-usul komodo,dan Istana Ular. Nenek Matheus dan Bapa Ponsi, dengan penuh semangat menuturkan kisah-kisah tersebut kepada kami.
Saya ceritakan dulu tentang Komodo ya.
Dahulu kala di pulau Rinca, hiduplah sepasang suami istri yang kurang harmonis. Keluarga ini sering dilanda pertikaian. Pada saat sang istri mengandung, si suami tidak pernah memberikan perhatian dan kasih sayang kepada sang istri. Ketika sang istri melahirkan, alangkah terkejutnya mereka karena si istri melahirkan sepasang kembar yang aneh. Satunya manusia, satunya lagi seperti buaya. Karena malu, mereka membuang si buaya ke laut. Sebelum dibuang ke laut, ibu si buaya melilitkan sepotong selendang songke ke leher buaya sebagai tanda bahwa buaya itu buaya istimewa. dengan berlinang air mata, si ibu melepas kepergian anaknya itu.
Bertahun-tahun berlalu, si buaya dan anak manusia itu tumbuh dewasa.

si anak manusia sangat terkenal karena kepiawaiannya dalam bermain caci (tarian adat masyarakat Manggarai). dia tak pernah kalah dan tubuhnya belum pernah terluka. Hingga suatu ketika, di kampung tersebut diadakan pesta adat dan ada tarian caci.si komodo hadir di desa itu namun wujudnya bukan lagi seekor buaya melainkan menjadi manusia. ia berhasil mengalahkan si anak manusia, saudaranya itu. kekalahan si anak manusia menjadi bertita tersohor di kampung tersebut dan misteri pria yang mengalahkannya mengundang rasa penasaran warga.

berita ini pun sampai ke telinga sang ibu. dia sangat penasaran dengan sosok pria yang berhasil mengalahkan putranya. bersama warga lainnya, si ibu pergi menemui si pria misterius yang sedang berada di rumah ketua adat. alangkah terkejutnya sang ibu ketika melihat pria dengan selendang songke di lehernya dan secara spontan dia berteriak "anak daku". semua orang terkejut dan seketika itu juga pria misterius itu menghilang dari antara orang banyak dan kembali berubah wujud menjadi seekor komodo.

komodo tersebut kemudian bermigrasi ke pulau Komodo. konon, ada yang memiliki 5 jari, ada pula yang memiliki 4 jari. yang memiliki lima jari dipercaya sebagai keturunan manusia, yang dalam bahasa daerah setempat dinamakan ora, sedangkan yang hanya memiliki 4 jari adalah komodo asli.

itu dia cerita singkat tentang asal-usul komodo.   
 Cerita-cerita lainnya akan menyusul. semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Hi Selamat malam guys, Masih Bingung Dan Ragu Pilih Agen Poker & DominoQQ Yang Terpercaya?
    PIN BB : D61E3506
    ๐Ÿ‘‰ Whatsapp : +85598249684
    ๐Ÿ‘‰ L ine : Sinidomino
    dewa poker

    BalasHapus